Baptis Part 8

Minggu, 01 April 2012
Di atas kita ada menyinggung bahwa baptisan selam yang dimaksud adalah juga dalam nama Tuhan Yesus.... jadi berbeda dengan baptisan Yohanes.....

Ok, sekarang fokus kita tidak lagi pada baptisan Yohanes.... tetapi pada “cara” baptisan orang percaya itu sendiri. Untuk sesi baptisan Yohanes saya tutup sampai disini. Mulai titik ini, kita akan membahas cara baptisan yang benar.... menurut orang percaya. Artinya kita tidak dapat lagi menggunakan alasan bahwa baptisan selam yang dimaksud adalah agar sama seperti baptisan yang Tuhan Yesus terima..... karena kalau ini yang menjadi alasannya, maka kita akan kembali mengacu pada baptisan Yohanes... (sebab baptisan yang Yesus terima adalah baptisan Yohanes)

Sekarang, kalau kita tidak lagi menggunakan alasan agar baptisan selam ini sama seperti baptisan yang Yesus terima, lalu apa yang mungkin mendasari kita untuk mengatakan bahwa dengan cara diselamlah baptisan itu baru dapat dikatakan benar? Apakah dengan arti dari kata baptis itu sendiri?

Baiklah kalau ini yang menjadi dasar baptis selam sekarang ini. Menurut sebagian orang, arti kata baptis itu sendiri adalah diselam... tentu yang dimaksud diselam di sini bukanlah dalam arti lain.... tetapi benar-benar diselam dalam air.... kalau memiliki arti lain seperti diselam dalam Roh Kudus misalkan.... maka sudah tentu orang-orang yang berada dalam denominasi B tidak akan mempermasalahkan bagaimana cara membaptis dari orang-orang di denominasi A.


Tetapi karena pengertian dari baptis, diselam ini..... adalah diselam dalam airlah makanya mereka yang berada di denominasi B dapat mengatakan bahwa cara membaptis dengan cara dipercik itu tidak benar.

Saya tidak akan membahas apa sebenarnya arti dari kata baptis itu sendiri..... biarlah ini menjadi bagian mereka yang dikhususkan untuk itu.... saya hanya akan memfokuskan pada dasar-dasar Alkitabiahnya saja...... karena itu, untuk sementara saya terima bahwa kata baptis itu sendiri.... adalah diselam dalam air. Ini kita pegang.

Alkitab mengatakan bahwa dengan menjadi percaya dan dibaptis, maka kita diselamatkan... Tidak diragukan lagi bahwa untuk dapat diselamatkan kita semua harus menjadi orang yang percaya dan dibaptis.... masalahnya disini adalah tentang baptis itu sendiri. Sebagian orang bilang harus dilakukan dengan cara diselam, baru sah. Sebagian lagi bilang tidak masalah di percik, yang penting dalam nama Yesus.

Adakah cara baku yang Yesus sendiri ajarkan tentang hal ini? Dalam Alkitab tidak terdapat satu ayatpun tentang tata cara pembaptisan yang harus diikuti, bahkan baptisan Yohanes Pembaptispun tidak diterangkan secara jelas bagaimana proses pembaptisan ini. Sebagian pembaca menafsirkannya bahwa orang yang dibaptis itu akan ditenggelamkan sampai kepalanya tenggelam kedalam air. Tetapi gambaran inipun tidak tercatat dalam Alkitab, apakah memang sampai kepala orang yang bersangkutan itu tenggelam keseluruhannya ataukah cuma sebatas leher dan kemudian air dari sungai dituangkan ke kepala orang yang bersangkutan.... semua gambaran yang kita terima saat ini hanyalah dari penafsiran karena asal kata baptis itu sendiri.....(yang dianggap dicelupkan)

Dalam Alkitab jelas baptisan memegang peranan penting dalam keselamatan. Untuk itu hal ini jelas tidak dapat dianggap sepeleh.... tetapi lalu mengapa tentang tata cara pembaptisan ini 

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks...
JESUS Love u

Pengikut