Baptis Part 9

Senin, 05 Maret 2012
...........................................

Rasul Paulus memberitakan keselamatan dalam Yesus dan mereka yang menerimanya, memberikan diri mereka untuk dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.....meskipun mereka telah menerima baptisan Yohanes sebelumnya.

Sekarang saudara telah menerima kebenaran Tuhan Yesus..... tetapi mengapa pula saudara ingin mencontoh pembaptisan seperti yang dilakukan Yohanes Pembaptis? Apa tidak terbalik ini saudara? Kalau saudara simak ayat di atas.... mereka yang telah menerima baptisan Yohanes....(sama persis seperti yang diterima Yesus  - yaitu diselam) ternyata harus dibaptis lagi dalam nama Tuhan Yesus setelah menerima keselamatan ini.

Mungkin saudara ingin mengatakan, “yang dimaksud dengan diselam itu bukan murni seperti Yohanes Pembaptis lakukan, yang dimaksud dengan baptisan selam itu adalah dalam nama Tuhan Yesus juga.... hanya caranya diselam seperti cara Tuhan Yesus dulu menerima baptisan Yohanes....”

Ok-lah,....kita terima dan mohon bersabar sedikit untuk sampai kesana.....

Saya di sini tidak mengatakan kita tidak boleh untuk dibaptis dengan cara diselam.... boleh-boleh saja saudara ingin dibaptis dengan cara diselam.... tetapi seandainya sampai ada perasaan kalau tidak dengan cara seperti yang diterima Yesus dulu.... maka baptisan itu salah, tidak sah, atau apalah...... ini yang berbahaya..... atas dasar apa saudara memiliki perasaan demikian?

Tidak seharusnya saudara berasumsi bahwa cara baptisan yang benar itu adalah sama seperti cara Tuhan Yesus menerima baptisanNya. Cara pandang demikian tidak tepat. Sebab seperti uraian saya di atas, baptisan yang Tuhan Yesus terima itu adalah baptisan Yohanes..... jauh berbeda dengan baptisan yang harus kita terima sekarang ini.... dan karena jauh berbeda.... maka bagaimana mungkin saudara dapat berasumsi bahwa tata caranya dapat sama?

Dulu di imamat bahwa seseorang harus menyembelih hewan (sapi, domba, dll) untuk pengampunan dosanya.... tentu saudara tahu yang dimaksud dengan disembelih itu kan?..... tetapi bagaimana cara Yesus mati sebagai korban penebusan dosa kita? Apakah dengan cara disembelih juga?

Sesuatu yang adalah gambaran,.... tentu tidak sama persis seperti aslinya.... dan saudara tentunya juga tahu bahwa pada saat aslinya datang, maka gambaran itu tidaklah lagi menjadi penting...

Galatia
 
3:24 Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman.
3:25 Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun.

Baptisan Yohanes, adalah baptisan pertobatan......(pararel dengan Galatia 3:24) apa yang saudara harapkan dari sebuah pertobatan? Bukankah itu keselamatan? Nah, keselamatan itu telah datang... (pararel dengan Galatia 3:25) masihkah saudara ingin hidup disini.... “di bawah pengawasan penuntun.” ?

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks...
JESUS Love u

Pengikut