Baptis Part 12

Senin, 05 Maret 2012
........................................

Nah, dengan pengertian di atas.... dapat kita pahami juga bahwa baptis yang dimaksudkan sesungguhnya, tidak semata-mata baptisan jasmani. Karena kalau ini yang dimaksud, sudah barang tentu tata cara pembaptisan ini sendiri akan tertera dengan jelas di Alkitab sebagaimana Alkitab menjelaskan hal-hal sedemikian dalam Imamat.

Alkitab sama sekali tidak menjelaskan bagaimana tata cara pembaptisan (padahal baptisan ini penting) yang seharusnya dilakukan karena memang pada dasarnya baptisan yang dimaksud lebih pada baptisan rohani. Sehingga tata cara yang bersifat jasmani tidaklah begitu penting.

Hal yang sama juga dijelaskan pada Alkitab tentang hal bersunat. Dulu,... orang israel melakukan apa yang dinamakan dengan sunat. Hal ini bahkan dinyatakan dengan jelas bagaimana sunat itu harus dilakukan.... dan semua ini dilakukan secara jasmani.

Namun bagi kita orang-orang kristen, apakah sunat dalam tata cara orang israel ini masih juga kita lakukan? Kalau kita tidak lagi melakukan sunat dalam tata cara bangsa israel ini.... lalu apa? Bukankah sunat itu sendiri adalah tanda perjanjian dengan Tuhan? Sunat seperti apa yang orang kristen lakukan sekarang?

Roma

2:28 Sebab yang disebut Yahudi bukanlah orang yang lahiriah Yahudi, dan yang disebut sunat, bukanlah sunat yang dilangsungkan secara lahiriah.
2:29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.


Inilah kita sekarang..... kita semua juga disunat.... hanya saja dalam pengertian yang berbeda dari sebelumnya..... kalau sebelumnya sunat itu adalah benar-benar dilakukan secara lahiriah.... maka  kita melakukan sunat itu secara rohani... tidak seperti bangsa israel yang melakukannya secara lahiriah.....

Begitu halnya dengan baptisan kita, bukan tentang bagaimana cara kita dibaptis yang menentukan seseorang sudah di baptis apa belum.... tetapi adalah baptis rohanilah yang menjadi tolak ukur seseorang itu telah dibaptis apa belum.

Baptisan Yohanes adalah baptisan pertobatan..... dan apa kata Alkitab tentang baptisan yang harus kita terima?

Kisah Para Rasul

11:16 Maka teringatlah aku akan perkataan Tuhan: Yohanes membaptis dengan air, tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.

Ayat di atas saja sudah menjelaskan dua hal yang berbeda.... satu di baptis dengan air dan yang lain di baptis dengan Roh Kudus....

Apakah dibaptis dengan Roh Kudus itu berarti sama juga dengan menggunakan air? Jelas tidak... akan tetapi sebagai gambarannya... maka kita dibaptis juga dengan menggunakan air.

Kisah Para Rasul

10:47 " Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?"

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks...
JESUS Love u

Pengikut