Baptis Part 13

Senin, 05 Maret 2012
...............................

Jadi seseorang dapat seketika itu juga dibaptis dengan Roh Kudus.... sama seperti yang terjadi pada kornelius dan orang-orangnya. Ini artinya baptisan Roh Kudus tidak memerlukan air.... akan tetapi sebagai pernyataan iman, sering kali kita dibaptis juga secara lahiriah.... ingat! Baptisan lahiriah ini adalah untuk pernyataan iman.

Jadi baptisan itu, tidak selalu harus kita kaitkan dengan baptisan yang dilakukan secara lahiriah atau jasmani.... dalam kekristenan.... sesuatu lebih dititik beratkan pada hal yang bersifat rohani..... kalau sekarang kita berbicara tentang baptisan.... maka konsep kita tidak seharusnya terpaku pada hal-hal jasmani... sehingga kita harus berusaha dengan berbagai cara untuk mencari tahu tata cara baptisan yang mana yang harus diikuti dan dianggap benar.


Tidak tahukah saudara bahwa seluruh orang israelpun telah dibaptis sejak jaman Musa?

I Korintus

10:2 Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut.

Lalu apakah mereka ini semua dibaptis dengan cara diselam kedalam air? Mereka dibaptis dalam awan dan dalam laut.... untuk dalam laut ini saudara, jangan diartikan sama seperti ditenggelamkan dalam air donk.... sebab bangsa israel dijaman musa memang tidak ada yang diselamkan dalam air. Meskipun dikatakan dalam laut.... orang israel waktu itu tetap berjalan ditanah kering pada saat laut itu terbelah.... jadi bukan diselam kedalam air sampai kepala-kepalanya basah kuyup.... tidak!

Jadi kalau kita percaya dan dibaptis...(secara rohani) maka kita akan selamat. Dibaptis disini sudah seharusnya kita lihat secara rohani... bukan jasmani.... Baptisan jasmani semata-mata adalah bentuk pernyataan iman kita. Tetapi baptisan rohani memiliki arti keselamatan, sama dalam hal bersunat secara rohani.

Itulah mengapa sewaktu Tuhan kita Yesus Kristus disalibkan.... Dia berkata pada salah seorang penjahat yang bertobat disebelahnya....

Lukas

23:43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

Apa saudara fikir penjahat disebelah Yesus itu harus dibaptis selam dulu baru dia selamat? Apa saudara fikir dia harus dipercik-percik dulu dengan air baptisan baru dia selamat? Atau mungkin saudara mulai berfikir jangan-jangan Yesus lupa telah menjanjikan suatu keselamatan pada orang yang belum dibaptis?

Penjahat yang turut menderita dalam penyaliban disebelah Yesus itu bertobat. Dia menyadari semua kesalahannya dan menaruhkan pengharapannya pada Yesus.... inilah iman itu.... karena iman ini dia selamat. Tidak ada satu ayatpun yang menyatakan bahwa orang ini 

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks...
JESUS Love u

Pengikut