Makan Darah Part 2

Senin, 12 Maret 2012
I Korintus


6:11 Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.
6:12. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.

6:13 Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.

Ayat 12 dan 13 ini Saudara, sama sekali tidak membicarakan topik yang sama. Justru ayat 12 ini sangat berkaitan erat dengan ayat ke 11.

Coba Saudara perhatikan baik-baik. Rasul paulus ingin mengatakan pada kita, bahwa dulunya kita semua hidup dalam perhambaan pada dunia ini meskipun kita tetap mencari selamat dengan berbagai cara. Namun setelah kita di benarkan melalui Tuhan Yesus atau kita telah di merdekakan oleh Tuhan Yesus dari kuk perhambaan itu, maka kita semua sekarang ini telah bebas... menjadi orang merdeka! Sehingga kita tidak lagi hidup dibawah kutuk hukum Taurat.

Dulu, sebelum kasih karunia turun atas kita, segala sesuatunya di atur dalam hukum Taurat. Apa yang harus kita lakukan, apa yang tidak boleh kita lakukan, apa yang dinyatakan halal, haram dan lain sebagainya. Semuanya itu harus dilaksanakan agar kita dapat selamat. Sekarang setelah kasih karunia itu turun atas kita, apapun yang kita perbuat menjadi halal bagi kita. Karena keselamatan kita tidak lagi bergantung pada perbuatan kita, tetapi semata-mata hanya karena kasih karunia Tuhan saja. Hanya saja, seperti rasul paulus katakan, walaupun segalanya itu halal, apa itu berguna bagi kita?

Mungkin akan timbul pertanyaan begini “kalau gitu kita bebas berbuat dosa donk.... kan semua itu jadi halal setelah kita di merdekakan oleh Tuhan Yesus?”............ kita akan sampai pada jawaban pertanyaan ini di akhir dari pembahasan kita di bawah ini. Sekarang saya akan fokuskan dulu tentang ayat di atas.

Pada ayat di atas, mungkin kita akan mengalami kesulitan dalam menangkap arti dari hubungan antara ayat 12 dan ayat 11. Untuk itu baiklah kita coba lihat apa kata Alkitab dalam bahasa indonesia sehari-hari.

I Korintus

6:11 Beberapa di antaramu dahulu berkelakuan seperti itu. Tetapi sekarang kalian dinyatakan bersih dari dosa. Kalian sudah menjadi milik Allah yang khusus. Kalian sudah berbaik kembali dengan Allah, karena kalian percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan karena kuasa Roh dari Allah kita.

6:12. Ada yang berkata bahwa setiap orang boleh melakukan segala sesuatu. Tetapi bagi saya tidak semuanya berguna. Jadi meskipun saya boleh melakukan apa saja, tetapi saya tidak mau membiarkan diri saya dikuasai oleh apa pun.







0 komentar:

Posting Komentar

Thanks...
JESUS Love u

Pengikut